MANFAAT PIJAT PADA BAYI

Moms, siapa disini yang suka memijat bayinya sendiri? Wah yang terbiasa memijat bayinya sendiri hebat banget! Kalau yang belum pernah, tenang dulu. Kita sama-sama belajar tekniknya disini supaya bisa praktekin langsung ke si baby. Nggak hanya tentang teknik pijat bayi, disini saya juga akan mengulas tentang manfaat pijat bagi perkembangan bayi dan juga kampanye cinta yang sedang digencarkan di Indonesia. Kita bahas satu-satu, ya.

Jadi, waktu tanggal 5 Juni kemarin saya menghadiri undangan The Urban Mama x Johnson’s Baby Indonesia dalam rangka kampanye sentuhan cinta. Acaranya seru banget! Bertempat di Gudang Gudang Yoga Kemang Timur, Jakarta Selatan ini dihadiri sekitar 30-40 orang urban mama.

MANFAAT PIJAT BAYI BAGI TUMBUH KEMBANGNYA

Waktu Gio masih bayi saya suka memijatnya, tapi karena dulu nggak tahu teknik secara detil jadi hanya berani di punggung dan kaki saja. Manfaat yang saya tahu waktu itu untuk membuat badan bayi lebih rileks dan nyaman. Tapi ternyata ada banyak banget manfaatnya selain hanya untuk membuat rileks. Berdasarkan pemaparan dr. Matahari Harumdini, SpA stimulasi yang dilakukan sejak dini itu sangat penting untuk tumbuh kembang si kecil. Nah, stimulasi yang paling utama bisa kita berikan yaitu sentuhan cinta dari kita sebagai ibunya. Salah satunya dengan cara memijat bayi.

Ada beberapa manfaat utama dalam memijat bayi:

  1. Mempererat Ikatan antara Ibu dengan Bayi (Bonding).

Pijat yang langsung dilakukan oleh sang Ibu kepada si bayi yaitu untuk melanjutkan bonding antara ibu dan bayi yang sudah ada ketika si bayi masih berada dalam perut ibu. Kontak fisik adalah kontak emosional pertama bayi dengan ibu. Hal tersebut dapat membantu untuk stimulasi sensorik pada bayi sebagai kunci pertumbuhan, komunikasi dan dalam proses pembelajaran.

  1. Membuat Tidur Bayi Lebih Nyenyak.

Ini sangat relevan dengan yang sudah saya singgung diatas ya. Salah satu manfaat memijit bayi yaitu membuat bayi merasa lebih rileks dan nyaman. Nah, kalau badan terasa rileks otomatis tidur pun lebih pulas.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Teknik pijit yang benar dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan pada bayi. Teknik pijat yang salah pada bayi dapat berisiko kepada kesehatan bayi yaitu salah satunya dapat menyebabkan bayi sulit BAB.

  1. Membantu Perkembangan Psikologis pada Bayi

Kegiatan menyentuh bayi dengan penuh cinta ini dapat memicu multisensorik yang membantu perkembanagn psikologis dan emosional pada bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan sistem imun tubuh.

  1. Menjadikan Tekstur Kulit Bayi Lebih Terawat

Memijat dengan menggunakan baby oil pilihan tentu dapat menjaga dan membuat tekstur kulit bayi lebih baik dan lebih sehat.

Banyak ya Moms manfaatnya. Nah, trus gimana teknik dan tips nya dalam memijat bayi? Menurut dr.Matahari ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat hendak memijat bayi. Diantaranya:

  • Pilih waktu yang baik bagi Ibu dan Bayi. Pastikan baik ibu dan bayi sama-sama dalam keadaan rileks ya.
  • Cuci tangan kita terlebih dahulu sebelum memijat bayi
  • Siapkan segala kebutuhan yang diperlukan, seperti : baby oil, handuk dan pakaian ganti.
  • Posisikan ibu dan bayi dalam keadaan yang paling nyaman.
  • Ketika akan melakukan stimulasi, ibu harus dalam keadaan mood yang baik dan bahagia ya. Ingat, happy Mommy happy Baby!
  • Ajaklah selalu si bayi mengobrol, supaya semakin nyaman dan hubungan kita dengan anak menjadi lebih akrab
  • Dan yang paling penting, syarat dalam melakukan pijat adalah suasana harus menyenangkan dan penuh dengan kasih sayang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sedang memijat bayi:

  • Pastikan seluruh gerakan memijat diakhiri di sisi kiri untuk membantu bayi mudah BAB.
  • Tekanan yang diberikan dalam meijat bayi yakni seperti ketika ketika menekan kelopak mata.
  • Hindari penggunaan lotion atau baby oil saat memijat bagian wajah bayi. Penggunaan lotion atau baby oil hanya dipakai pada saat memijat tangan, dada, perut, punggung dan kaki.

Dalam memijat bayi kita juga perlu baby oil untuk melembabkan sekaligus merawat kulit si bayi. Ada beberapa kriteria penting yang harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit bayi, diantaranya:

  • Memiliki kandungan Ph Balance
  • Tidak pedih dimata
  • Memiliki kualitas yang baik
  • Kredibilitas brand sudah terbukti di dunia

Johnson’s baby memenuhi keempat kriteria tersebut. Merek yang sudah eksis selama 125 tahun ini tentu nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Johnson’s Baby oil nya pun cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Selain itu wanginya pun juga sangat lembut. Sangat cocok digunakan untuk memijat bayi. Selain melembabkan dan wangi, manfaatnya juga untuk menjaga kesehatan kulit bayi supaya tetap sehat.

KAMPANYE SENTUHAN CINTA

Sebagai merek terkemuka, Johnson’s mengadakan program kampanya sentuhan cinta. Kampanye ini merupakan bentuk kepedulian Johnson’s terhadap kesehatan dan perkembangan bayi di Indonesia. Program sentuhan cinta ini untuk mendorong Ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang optimal.

Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang dengah sehat, cerdas dan bahagia serta dapat menggapai impian mereka di masa depan.

Demi mencapai tujuan tersebut, Johnson’s menggandeng Save The Children Indonesia dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi kepada seluruh ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak”.

Nah, gimana caranya supaya kita juga dapat memiliki peran dalam kampanye ini? Mudah banget!!

Kita cukup beli saja produk Johnson’s Baby di Alfamart ataupundi Johnson’s Baby Care Collection di Tokopedia. Karena, setiap transaksi pembelian produk Johnson’s Baby sebesar Rp 25.000 maka secara otomatis kita telah menyumbangakan Rp 500 untuk Save The Children. Lalu, uang yang telah kita sumbangkan tersebut akan di alokasikan untuk membantu mereka melakukan pelatihan dan edukasi terhadap ibu lainnya di seluruh Indonesia  dalam agar bayi mereka dapat tumbuh kuat, sehat dan bahagia.

Asik ya Mom?! Sudah belanjanya mudah, manfaat untuk anak kita banyak, ehh ditambah ada nilai amalnya juga. Yuk Moms, mari sama-sama kita turut berperan dalam program ini agar ribuan bayi di Indonesia memiliki sentuhan cinta ibu seperti anak-anak kita.

Oh ya, bagi yang mau belajar teknik pijat bayi dari wajah hingga ke kaki bisa di cek disini ya. Lengkap banget!

Love,

Bunda Gio.

 

 

2 Comments

  1. Amallia Sarah

    12 June 2018 at 1:44 am

    Manfaat pijat bayi juga masih berasa banget sama aku nih mbak. Aku suka pijat Rayyan dari Kecil sampai sekarang. Walau sekarang usia nya sudah 20 bulan masih suka di pijat. Alhamdulillah jadi jarang sakit

    1. Dewi Febrianti

      5 July 2018 at 1:01 am

      Alhamdulillah… sehat terus rayyan yaa “*

Leave a Reply