Jurnal Gio : Momen Idul Adha

Bismillah… dear Mom readers, saya ingin berbagi tentang jurnal kegiatan Gio yang sebenarnya udah banyaaak sekali numpuk di draft. Semoga bisa istiqomah dalam menulis jurnal kegiatan sehari-hari anak saya yang manfaatnya nggak cuma buat saya aja tapi semoga juga bisa bermanfaat bagi semua pembaca terutama para mommies, ya.


PROFIL ANAK : SERGIO JAMAL BAAZHER (GIO)

USIA : 3 TAHUN 6 BULAN

TANGGAL KEGIATAN : 21-22 Agustus 2018

LOKASI KEGIATAN : Apartemen tempat tinggal kami di Jakarta

TUJUAN KEGIATAN :

  • Mengenalkan makhluk ciptaan Allah secara langsung (Fitrah Keimanan)
  • Mengajarkan adab terhadap hewan
  • Mengenalkan hari raya Idul Adha (Fitrah Keimanan)
  • Mengembangkan fitrah belajar secara langsung dengan praktiknya di alam sekitar
AKTIFITAS

Pada hari selasa lalu, hewan kurban kambing, domba dan sapi sudah mulai diantar ke apartemen tempat kami tinggal. Ada lebih dari 40 kambing dan domba yang berada di lapangan rumput sekaligus menjadi tempat penyembelihan pada hari H. Ayah Gio yang kebetulan menjadi panitia kurban pun langsung mengajak Gio untuk menyaksikan hewan-hewan yang baru datang tersebut. Saya pikir awalnya Gio hanya ingin melihat saja, karena yang sudah-sudah dia sering takut sama hewan dan belum berani memegangnya apalagi memberi makan secara langsung. Tapi berbeda kali ini, ternyata dia begitu bersemangat menyambut hewan yang datang dan mulai diturunkan dari mobil bak.

Responnya kali ini benar-benar diluar dugaan, Gio sangat antusias! Bahkan dia sempat bilang ke ayahnya “Gio seneng!”. Ekspresi kegembiraannya ini ia salurkan dengan membelai kambing dan domba sambil memberinya makan. Saya dan suami sangat senang sekali Gio bisa belajar menyayangi hewan dan memperlakukannya dengan sangat baik.

“Gio seneng!”

IDUL ADHA

Hari Idul Adha tiba, ini pertama kalinya Gio ikut melaksanakan shalat Ied berjamaah. Saya nggak sempat ambil foto memang, karena sengaja tidak menggunakan handphone sedikitpun saat itu. Jam 6 pagi kami sudah berada di lapangan lokasi shalat Ied diadakan. Gio masih sangat mengantuk karena malamnya ikut sibuk bersama saya menyiapkan konsumsi panitia. Tapi Alhamdulillah tidak rewel, hanya ingin nempel saja sama saya,hehe. Dari hari-hari sebelumnya memang sudah saya brief bahwa kita akan melaksanakan shalat Ied. Shalat yang hanya dilaksanakan dua kali dalam setahun ( Idul Fitri dan Idul Adha). Tata cara shalatnya pun berbeda dengan shalat wajib lima waktu. Alhamdulillah dia mengkutinya dengan baik walaupun harus sambil aya gendong karena memang masih belum on :D.

Selesai shalat, sarapan bersama, lalu saya ajak Gio ke tempat penyembelihan. Kenapa saya berani mengajak dia ke tempat penyembelihan? Karena memang, cara menyembelihnya ini sangat sesuai syariat dan sangat memperhatikan adab-adab tata cara penyembelihan. Jadi, tempat hewan yang disembelih cenderung agak jauh dari tempat kami berada dan benar-benar tertutup yang hanya dilakukan oleh tim juru sembelih dan hanya disaksikan oleh sohibul kurban.

Apa reaksi pertama Gio waktu saya ajak ke lapangan? Satu pertanyaan yang ia lontarkan sangat polos “Bun, ini acara kambing ya?” :D. “Iya nak, nanti daging kambingnya mau dibagi-bagiin ke orang yang membutuhkan dan juga warga disini”. Selebihnya, ia asik bermain di lapangan sibuk dengan mainan mobil dan main bersama teman-temannya.

Gio dan Yusuf (5 tahun) – Kegembiraan habis shalat Ied terus tau-tau dapet lolipop dari tetangga.

Love,

Bunda Gio.

 

Leave a Reply